MEMBUAT DEKORASI 9

13Untuk gambar 16. agak berbeda dengan gambar yang lain, di gambar ini banyak ornamen ukir dan lukis.

1. JIKA MEMAKAI CARA MANUAL

A. Jika Menggunakan Bahan Dari Kertas

Pertama kita membuat sketsa, pembuatan sketsa ornamen, pertama kita buat kotak persegi panjang untuk ukuran tergantung besar kecilnya tempat yang akan kita gunakan untuk dekorasi, setelah kita selesai membuat kotak, kita tentukan titik tengahnya agar mempermudah kita membuat gambar, disini sama cara pembuatanya. Tapi ada sedikit tambahan pada bentuk kotak yang agak melenkung pada atas kotak , kalau bisa kita fokus dahulu pada ornamen tengah, karena inti dari ornamen samping ada pada kotak bagian tengah. selanjutnya untuk hiasan tengah, kalau kita merasa kesusahan kita buat 3 tahap, pertama kotak yang tengah, yang kedua hiasan tengah kotak, terus yang ketiga hiasan kubah – kubah kecil pada atas kotak. Untuk hiasan ditengah kotak itu cuma gambar yang seakan – akan kelihatan menjorok, dan untuk pembuatanya kita ukur semua dulu lalu kita tentukan yang mau kita gambar selanjutnya tinggal kita gambar.

 

B. Jika Menggunakan Bahan Dari Gabus.

Untuk bahan dari gabus pertama yang perlu kita perhatikan adalah keutuhan gabus, karena gabus gampang patah dan rusak untuk itu kita harus exstra hati – hati untuk membuat dekorasi dari gabus. untuk gabus caranya sama yaitu dengan terlebidahulu kita membuat sketsa yang kita butuhkan, tapi untuk ukuran gabus berda –beda, untuk membuat kotak samping kita ambil gabus yang berukuran 1 m persegi, lalu kita ukur dengan penggaris yang berukuran 1 m. setelah itu kita baru menginjak tahap pengemalan. Disini ada beberapa macam untuk pembuatan ornamen, pertama dengan cara dipotong, kedua dengan cara kita cat saja, dan yang terkhir dengan cara kita tempet dengan gabus yang berukuran 1/2 cm . sebelum kita membuat mal kita tentukan titik tengahnya dulu agar mempermudah kita membuat hiasan tengah, kalau kita merasa kesusahan kita buat 3 tahap, pertam kotak yang tengah, yang kedua hiasan atas kotak, terus yang ketiga hiasan kubah – kubah kecil yang ada pada atas kotak. Untuk hiasan ditengah kotak itu cuma gambar yang seakan – akan kelihatan menjorok, dan untuk pembuatanya kita ukur semua dulu lalu kita tentukan yang mau kita gambar selanjutnya tinggal kita gambar setelah itu tinggal kita gambar. untuk beckgraund kalau bisa dari triplek atau yang sejenisnya .untuk itu kita sebisa mungkin membuat kerangka dekorasi yang kuat.

 

C. Jika Menggunakan Bahan Dari Tripleks

Untuk bahan dari tripleks pertama yang kita lakukan adalah mengetahui panjang, lebar, tinggi tempat yang digunakan untuk dekorasi, setelah kita mengetahui ukuranya baru kita ukur tripleks yang sudah kita sediakan untuk tempat pembuatan kita perlu tempat yang luas karena tripleks akan disambung jadi satu untuk diukur. Setelah selesai kita ukur selanjudnya kita buat sketsa untuk kita gambar di tripleks tersebut dengan gambar yang sudah kita rancang, setelah kita selesai membuat gambar atau sketsa kita tinggal meracik cat yang kita inginkan,untuk dekorasi dari tripleks kita menggunakan cat.selanjutnya kita tinggal pengecatan. Setelah selesai pengecatan kita keringkan sebentar dan tahap selanjudnya kita buat kerangka dekorasi, untuk kerangka dekorasi setiap sambungan tripleks yang satu dengan yang lain kita kasih kayu agar posisi sambungan tidak bergelombang dan disisi lain juga menambah kekuatan. Untuk kerangka kayunya jangan teralalu besar, kira – kira antara tripleks yang satu dengan yang lain 2 cm an berati ukuran 3 – 5 cm.atau terserah pembuat yang penting kedua tripleks tidak bergelombang, karena nantinya akan mempengaruhi keindahan dekorasi, untuk itu kita harus perhatikan betul hal – hal yang bisa mempengaruhi keindahan, pandangan, dan yang lain.

  1. JIKA MEMAKAI KOMPUTER.

Pertama kita buat sketsa pada komputer, setelah selesai kita membuat sketsa terus kita membuat atau memotong kertas yang digunakan untuk font, tapi sebelum kita menyetak font tersebut , kita coba dulu dikertsa bekas sehingga kita akan tahu hasil yang akan kita cetak sudah sesuai belum dengan ukuran yang kita inginkan, setelah kita tahu hasil yang kita cetak dan tidak ada permasalahan kita tinggal motong kertas dengan ukuran seperti kertas untuk nyetak seperti : A4, folio. Setelah selesai kita taruh ke alat cetak atau print. terus kita kasih dauble tape atau lem.selanjutnya tinggal nempel.tapi untuk pembuatan yang menggunakan komputer itu hanya untuk font dan hal – hal yang lain untuk lingkup ke.

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: